Sabtu, 17 Oktober 2009

Kanker Otak



Kanker otak dapat terjadi, pertama terdapat tumor (bengkak), tumor ini selalu bertumbuh sebagai sebuah massa (jaringan yg ada isinya) yang berbentuk bola tetapi juga dapat tumbuh menyebar masuk kedalam jaringan. Kl udah nyebar ke jaringan namanya kanker. .ini tumor yg udah nempel / berakar ke jaringan otak. penyebabnya karena terpajan zat kimia tertentu yang meliputi akrionitril, tinta, pelarut dan minyak pelumas mungkin meningkatkan resiko, tetapi ini belum dapat dipastikan. Kemungkinan ini juga ada pengaruh genetic, yaitu keluarga.

Gejala yang umum dapat ditunjukkan berupa sakit kepala dan muntah-muntah yang proyektil. Kemudian jika mengenai daerah motorik ada gejala kelemahan anggota gerak sampai kelumpuhan, penurunan penglihatan sampai kebutaan, hilangnya keseimbangan, kesemutan, sampai tidak berasa sama sekali, gangguan penciuman, gangguan bicara kalau terkena di area atau pusat bicara, hingga turunnya kesadaran bila yang terkena batang otaknya.

Faktor2 yang menyebabkan kanker otak ialah :

Merupakan faktor yang datang dari dalam diri sendiri. Yang utama adalah faktor keturunan / genetik. Jika ada sanak saudara yang punya riwayat menderita kanker otak, berarti peluang Anda terkena kanker otak lebih besar daripada mereka yang keluarganya tidak ada penderita kanker otak. Faktor kedua yang dapat memicu terjadinya kanker otak adalah riwayat benturan (jika kepala Anda pernah terbentur). Benturan ini dapat menyebabkan trauma pada jaringan otak, sehingga bisa jadi penyebab tumbuhnya jaringan abnormal dalam otak (yang kemudian dapat berkembang menjadi kanker otak).

Merupakan faktor yang datang dari luar tubuh, pada umumnya berupa makanan dan radiasi. Obat-obatan tertentu yang diminum secara terus-menerus berpotensi menyebabkan kanker. Faktor-faktor lainnya: * Pola hidup yang kurang sehat: misalnya merokok, makanan berlemak, kurang serat, dsb. * Bahan karsiogenik: minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan * Radiasi: paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker

Pengobatan Kanker Otak

Obat kanker atau pengobatan kanker pada umumnya adalah operasi atau tindakan pemotongan pada bagian tubuh yang terkena kanker dan di lanjutkan dengan kemoterapi yakni tindakan untuk mematikan sel akar kanker yang tidak terangkat/terpotong pada saat operasi.

Tindakan operasi pada umumnya merupakan obat kanker sebagai tindakan taktis saja untuk mengatasi benjolan atau tumbuhnya daging akibat pembelahan sel yang tidak terkontrol, obat kanker dengan tindakan ini tidak menjamin penyembuhan kanker, sebab operasi tidak menjangkau sampai sel akar kanker ( tidak mampu mematikan sel akar kanker) oleh karena itu sangat sering kita jumpai kambuhnya kanker payudara setelah satu (1) samapi dua (2) tahun setelah operasi dan kemoterapi.

Obat kanker yang bisa di harapkan untuk menyembuhkan secara tuntas adalah obat kanker yang bisa mematikan sel akar kanker atau menghentikan pembelahan sel yang tidak terkontrol tersebut.Artinya di butuhkan obat kanker yang bisa bekerja sampai pada tingkat sel dalam tubuh kita untuk mematikan sel akar kanker dan menghentikan pembelahan sel yang tidak terkontrol.

0 komentar:

Posting Komentar